Minggu, 17 Juli 2011

serj tankian

Serj Tankian adalah vokalis yang sangat lihai dalam memaikan keyboard. Lahir di Beirut, Lebanon pada 21 Agustus 1967, dari keluarga Tankian, dan ayahnya bernama Khatchadour Tankian. Saat dia berumur delapan tahun, keluarganya berimigrasi ke Los Angeles, California. Sebagai seorang penyanyi (vokalis) System of a Down, ternyata dia memiliki kepedulian bersar terhadap rekonisi terhadap genocide. Genocide adalah pemusnahan etnik, agama, atau kelompok lain, contoh yang paling terkenal dari genocide adalah pemusnahan  terhadap kaum Yahudi, sekitar 6 juta orang selama perang dunia ke-II.
Tak hanya sebatas kepedulian, Serj Tankian bahkan sangat ngotot mendukung upaya merealisasikaj undang-undang yang berkaitan dengan rekonisi terhadap genocide. Byangkan saja, pada saat teman-temannya System of a Down sedang sibuk mempersiapkan shooting video klip terbaru nya, Serj Tankian, sang vokalis malah ikut demo di Chicago. Semua itu dia lalukan atas kepeduliannya terhadap etnis kuturunan Armenia, seperti yang pernah dijanjikannya kepada kakeknya yang berusia 97 tahun, seorang Armenia asli. Dia berjanji akan berusaha sebaik mungkin untuk meyakinkan anggota kongres, Dennis Hastert, untuk merealisasikan Armenian Genocide Resolution.
Sejarah perjuangan Serj Tankian untuk mendorong resolusi ini telah diakui banyak kalangan sejak 2000. Dia bahkan bergabung dengan anggota Armenian National Committee of America, Armenian Youth Federation yang mendirikan organisasi bernama Axis of Justice. Organisasi ini telah melakukan demo besar-besaran untuk mendorong diberlakukannya resolusi yang nantinya akan mengakui peristiwa pembantaian sekitar 1,5 juta warga Armenia sejak 1915 hingga 1923. “Semua ada di tangan Dennis Hastert,” Tankian juga menambahkan kalau, “Saya sangat yakin kalau ini semua memang perlu lobi ke pihak pemerintahan Bush.”
Di antara keempat anggota band System of a Down, hanya Serj Tankian yang terjun langsung dalam politik untuk memperjuangkan pengakuan atas keturunan Armenia, meskipun semua anggota merupakan keturunan etnis Armenia. Latar belakang inilah yang kemudian mempengaruhi lagu-lagu mereka dengan sentuhan musik Armenia. Tak hanya itu, syair lagu mereka juga berisikan tentang ide, pandangan-pandangan, dan apa yang mereka rasakan dalam menghadapi realitas dunia.
Sebagai vokalis yang sangat berpengaruh, Serj Tankian sering memaparkan ide-ide politiknya dalam lagu-lagu SOAD. Dia bahkan memasukkan kampanye rekonisi terhadap Genosida Armenia oleh pemerintah Turki yang terus mereka usung. Dia juga mengusung masalah sosial-politik, seperti konsumerisme, perang, globalisasi, lingkungan, dan kekerasan. Mereka juga menulis lagu tentang perubahan atau transformasi pemikiran mereka. Tak ayal jika, Kompas pernah menulis artikel tentang band ini dengan judul, “Band Keras Anti Kekerasan”.
Dalam berpolitik, pemikiran Serj Tankian sangat dipengaruhi oleh pengamat politik kiri AS bernama Noam Chomsky. Bersama Tom Morello, mantan gitaris Rage Against The Machine, Serj Tankian sempat mendirikan LSM Politik dengan nama Axis of Justice. Nama LSM ini merupakan plesetan sarkastis dari salah satu pidato Presiden AS yang menyebut 3 negara sebagai Axis of Evil.
Begitulah perjuangan seorang vokalis yang ternyata sangat mempengaruhi lirik-lirik lagu band-nya. Untuk sebuah penghormatan, aku mencoba membuat Wedha’s Pop Art Portrait (WPAP)-nya, meskipun tidak maksimal.
Kompas pernah menulis artikel tentang band ini dengan judul "Band Keras Anti Kekerasan". Pemikiran Serj cukup di pengaruhi oleh pengamat politik kiri AS Noam Chomsky. Serj Tankian bersama Tom Morello mantan gitaris Rage Against The Machine mendirikan LSM Politik dengan nama Axis of Justice (nama LSM ini merupakan plesetan sarkastis dari salah satu pidato Presiden AS yang menyebut 3 negara sebagai Axis of Evil).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar